Rabu, 29 Mei 2013

Kunci Doa Orang Percaya


Setiap Kita pasti berdoa dan memiliki pengharapan dalam doa kita, oleh karena itu kita harus lebih sungguh dalam berdoa. Bukan menjadikan doa sebagai satu rutinitas, kebiasaan, ataupun karena ingin di sebut dan dilihat orang sebagai pendoa.

Ada banyak hal dan permohonan yang kita naikan dalam doa-doa kita, namun terkadang seolah-olah doa kita tidak pernah di respon atau di jawab Tuhan bahkan juga sering terlambat.

Pagi ini kita akan belajar dari Yohanes melalui suratnya yaitu dalam 1 Yohanes 5:14-15 " Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita memintasesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya. Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepada-Nya."

Kunci doa menurut Yohanes yang pertama adalah :

1.     Berdoalah sesuai dengan Kehendak Tuhan bukan kehendak kita ( 1 Yoh 5:14)
 berapa banyak di antara kita pada saat menaikan Doa kepada Tuhan kita senantiasa meminta sesuai dengan kehendak kita. sedangkan yang Tuhan inginkan pada saat kita menaikan doa kepada-Nya adalah seturut kehendak-Nya, sebab Dia tahu yang terbaik bagi kita baik dalam waktu, tempat dan juga situasi. sehingga pada saat jawaban doa itu kita terima, kita tetap memuliakan Nama-Nya dan menyenangkan hati-Nya.. seperti yang diajarkan oleh Tuhan Yesus dalam Khotbah di Bukit “ Datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga” ( Matius 6:10 ) hal ini menunjukkan betapa seseorang itu mengerti maksud Tuhan dalam hidupnya. dan didalam menjalankan Kehendak Allah kita juga memerlukan ketekunan yang dalam sehingga janji Allah itu akan tergenapi di dalam hidup kita. “ Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan.” ( Ibrani 10:36 )

2.     Berdoalah dengan Percaya bahwa kita telah menerimannya ( 1 Yoh 5:15 )
 pada saat kita berdoa tidak jarang diantara kita suka ragu " Apakah benar ya doaku di jawab Tuhan?" dari pernyataan ini maka secara langsung kita telah menunjukkan iman kita terhadap Tuhan, sebab kita masih ragu akan kuasa Tuhan yang telah menciptakan kita dan juga yang telah menyelamatkan kita. masakan doa kita tidak dijawab? bukankah Dia Allah yang telah memberikan hidup-Nya untuk menyelamatkan kita? oleh sebab itu pada saat kita menaikan doa kita kepada-Nya YAKINlah bahwa kita juga telah menerima jawaban dari doa tersebut dengan ucapan syukur.
“ dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.” ( Mat 21:22 )
“ Karena itu Aku berkata kepadamu : apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimannya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.” ( Mrk 11:24 )

Kesimpulan bagi kita semua adalah Pada saat engkau berdoa kepada Allah yang Hidup berdoalah dengan meminta kehendak Tuhan yang jadi dalam hidupmu dan bersyukurlah atas jawaban doa yang telah kita terima walaupun secara fisik belum ada, sebab itu menunjukkan siapa kita dan iman kita dihadapan Tuhan.
Tuhan Yesus memberkati....

Tidak ada komentar: